background
anda disini: HOME > NEWS > Definisi & Faktor Penyebab Kesulitan Belajar

Definisi & Faktor Penyebab Kesulitan Belajar

1. Definisi Kesulitan Belajar  

         Kesulitan belajar khusus adalah suatu gangguan dalam satu atau lebih proses psikologis yang mencakup pemahaman dan penggunaan bahasa ujaran atau tulisan. Gangguan tersebut mungkin menampakkan diri dalam bentuk kesulitan mendengarkan, berpikir, berbicara, membaca, menulis, mengeja, atau berhitung. Batasan tersebut mencakup kondisi-kondisi seperti gangguan perseptual, luka pada otak, disleksia, dan afasia perkembangan. karena gangguan emosional, atau karena kemiskinan lingkungan, budaya, atau ekonomi
            Kesulitan belajar adalah beragam bentuk kesulitan yang nyata dalam aktivitas mendengarkan, bercakap-cakap, membaca, menulis, menalar, dan/atau dalam berhitung. Gangguan tersebut berupa gangguan intrinsik yang diduga karena adanya disfungsi sistem saraf pusat. Kesulitan belajar bisa terjadi bersamaan dengan gangguan lain (misalnya gangguan sensoris, hambatan sosial, dan emosional) dan pengaruh lingkungan (misalnya perbedaan budaya atau proses pembelajaran yang tidak sesuai). Gangguan-gangguan eksternal tersebut tidak menjadi faktor penyebab kondisi kesulitan belajar, walaupun menjadi faktor yang memperburuk kondisi kesulitan belajar yang sudah ada.

.2Faktor Penyebab Kesulitan Belajar

Ada beberapa penyebab kesulitan belajar, antara lain:
a.       Faktor keturunan/bawaan
b.   Gangguan semasa kehamilan, saat melahirkan atau prematur
c.      Kondisi janin yang tidak menerima cukup oksigen atau nutrisi dan/atau ibu yang merokok, menggunakan obat-obatan (drugs), atau meminum alkohol selama masa kehamilan.
d.     Trauma pasca kelahiran, seperti demam yang sangat tinggi, trauma kepala, atau pernah     tenggelam.
Infeksi telinga yang berulang pada masa bayi dan balita. Anak dengan kesulitan belajar biasanya mempunyai sistem imun yang lemah.


2